Apa Itu Trading Halt Saham

Apa Itu Trading Halt Saham - Pada dikala pasar uang saham anjlok, kita mulai kerap mengikuti sebutan trading halt. Mengerti kah kamu, apa yang diartikan dengan trading halt? Serta dalam situasi apa trading halt diaplikasikan? Ayo kita bahas.

Trading halt merupakan penghentian perdagangan saham sedangkan durasi dengan tujuan kurangi instabilitas penyusutan harga saham, tidak turun lebih dalam. Kebijaksanaan trading halt dikeluarkan oleh Pasar uang Dampak Indonesia( BEI) serta umumnya kita dapat amati pesan ketetapan Dewan BEI lewat web Idx. co. id.

Selanjutnya ilustrasi pesan trading halt yang dikeluarkan BEI pada bertepatan pada 10 Maret 2020 pada dikala wabah virus Corona:


Apa Itu Trading Halt Saham
Klik gambar untuk memperbesar

Dari mari, kita telah dapat menganalisa kalau trading halt hendak diaplikasikan bila Indikator Harga Saham Kombinasi( IHSG) hadapi penyusutan runcing. Selanjutnya merupakan peraturan trading halt dari Pasar uang Dampak Indonesia( BEI), peraturan ini dapat berganti kadang- kadang menjajaki situasi Pasar uang saham Indonesia yang terjalin:

1. Perdagangan saham hendak dihentikan sedangkan( trading halt) sepanjang 30 menit bila IHSG hadapi penyusutan menggapai 5%.

2. Trading halt hendak dicoba lagi bila IHSG hadapi penyusutan sambungan sampai lebih dari 10%.

3. Bila IHSG turun lebih dari 15% di hari itu, hingga hendak dicoba trading suspend. Trading suspend bisa dicoba: Hingga akhir tahap perdagangan saham ataupun lebih dari satu tahap perdagangan, dengan memo telah memperoleh persetujuan Daulat Pelayanan Finansial( OJK).

Kala dicoba trading halt ataupun trading suspend, hingga kamu tidak hendak dapat mentradingkan saham dikala itu, sebab perdagangan dihentikan sedangkan.

Memo: Perbandingan trading halt serta trading suspend merupakan pada trading halt semua antrean beli jual saham yang karakternya sedang open instruksi( belum match), hendak senantiasa berada pada sistem perdagangan Jakarta Automatic Trading System( JATS).

Tetapi jika telah terserang trading suspend, hingga semua antrean yang statusnya open instruksi, hendak otomatis dicabut oleh JATS. Jadi jika kamu telah antri beli saham, katakanlah TLKM di harga 3. 100, serta dikala itu terjalin trading suspend, hingga antrean 3. 100 kamu hendak dicabut dengan cara otomatis.

Trading halt serta trading suspend memanglah disiapkan buat kondisi2 gawat, semacam kendala keamanan politik, sosial, musibah, kasus pada sistem remote trading di Pasar uang Dampak, sampai penghentian perdagangan saham sebab keresahan pasar( IHSG turun 5% cocok determinasi diatas mulanya).

Jadi sehabis dicoba trading halt sepanjang 30 menit, diharapkan pelakon pasar( trader serta penanam modal bisa rehat sejenak, berasumsi, mengutip ketetapan balik buat tidak panic selling serta menghindari trader2 lain yang masuk ke dalam rasa fear yang kelewatan( ikut- ikutan panic selling).

Alhasil, sehabis 30 menit trading halt, serta perdagangan saham dibuka lagi, diharapkan IHSG minimun dapat mulai menyurutkan panic selling pelakon pasar. 

TRADING HALT DI PASAR SAHAM INDONESIA

Apa Itu Trading Halt Saham - Trading halt sempat terjalin di bulan Maret 2020, di mana dalam sebulan IHSG hadapi trading halt hingga 4( 4 kali), ialah di bertepatan pada 12 Maret 2020, 13 Maret 2020, 17 Maret 2020 serta 23 Maret 2020 dampak panic selling trader, sebab dikala itu wabah virus Corona lagi beruntun di Indonesia, serta aku akui ini merupakan trading halt yang lumayan ekstrim yang sempat terjalin.

Ini merupakan salah satu trading halt yang terjalin bertepatan pada 13 Maret 2020, di mana perdagangan saham dihentikan sedangkan pada 09. 15 pada dibuka kembali jam 09. 45. 


Apa Itu Trading Halt Saham
Trading halt
Situasi pasar saham( di aplikasi online trading) dikala terjalin trading halt bertepatan pada 13 Maret 2020: 

Apa Itu Trading Halt Saham

Dikala trading halt, banyak sekali saham yang turun, apalagi saham2 bungkus 2 serta saham blue chip selevel BBRI terserang auto reject dasar( ARB). Trading halt bukan cuma terjalin di tahun 2020.

Apakah trading halt ini betul- betul efisien membuat pasar saham kembali rebound ataupun paling tidak meredam penyusutan market?

Well, trading halt yang dicoba di bulan Maret 2020 sebesar 4 kali membagikan hasil yang variatif. Sehabis 30 menit trading halt, IHSG memanglah sedang turun di kisaran 4- 5% lebih. Namun, so far trading halt ini membuat penyusutan IHSG sedikit berhenti di hari itu, sebab sebagian kali sehabis trading halt, IHSG paling tidak tidak turun hingga 6% lebih.

Saat sebelum timbulnya kebijaksanaan trading halt pada 10 Maret 2020, bertepatan pada 9 Maret 2020 IHSG luang turun 6% lebih. Tetapi trading halt ini umumnya cuma berakibat di hari itu saja. Jika pasar sahamnya sedang banyak afeksi minus, kelakuan panic selling umumnya sedang lalu bersinambung.

Tidak hanya itu, kita pula sempat mengalami trading halt pada tahun 2000 serta 2008. 

1. Trading halt tahun 2000

Pada bertepatan pada 13 September 2000 dekat jam 15. 17 Wib terjalin dentuman bom di bangunan BEI, yang berawal dari mobil Toyota. Atas insiden ini 15 orang jadi korban kejadian tesebut.

Yap, kita telah ketahui apa yang akan terjalin dengan pasar saham. Pasti IHSG langsung jatuh dampak panic selling. Kesimpulannya dicoba trading halt hingga 2 hari ialah pada bertepatan pada 13- 15 September 2000. 

2. Trading halt tahun 2008 

Darurat 2008 membuat IHSG turun berbulan- bulan, serta pada 8 Oktober 2008, IHSG luang turun 10, 38% ke nilai 1. 451, 67 serta insiden ini diucap Black Wednesday. Kesimpulannya jam 11. 08 Wib dicoba trading halt selaku usaha buat menghindari labil penyusutan saham sangat dalam. Interupsi perdagangan saham berjalan hingga bertepatan pada 13 Oktober 2008.

Apa Itu Trading Halt Saham - Seperti itu uraian mengenai trading halt. Mudah- mudahan pos ini dapat menanggapi persoalan rekan- rekan hal apa itu trading halt saham serta praktikknya di pasar saham Indonesia. 

0 Response to "Apa Itu Trading Halt Saham"

Posting Komentar