Baju Lebaran Sudah Dibeli, tapi Ayah 7 Anak Ini Wafat Saat Sholat Tarawih, Sempat Ucap Syahadat di Nafas Terakhirnya

 


Almarhum bernama Zamri Saad yang meninggal dunia saat sholat tarawih di rakaat ke-20.

Dream - Ajal memang tidak pernah bisa diprediksikan kapan tiba. Ada berbagai kejadian yang menjadi sejarah seseorang mengembuskan nafas terakhirnya.

Termasuk keadaan meninggal dunia yang jarang dialami oleh manusia dan menjadi sebuah kemuliaan, yakni di saat sholat.

Seperti dialami oleh jemaah pria yang meninggal dunia saat menunaikan sholat tarawih di Masjid Tunku Intan Safinaz, Kampung Lanai, Malaysia, Sabtu 23 April 2022.

Namanya adalah Zamri Saad, warga Lorong Sungai Tas, yang wafat di usia 51 tahun. Almarhum sempat pingsan di saat rakaat ke-20. Hembusan nafas terakhirnya saat mengucap syahadat pun disaksikan oleh para jemaah.

Meninggal di Masjid Saat Sholat Tarawih

Seorang warga bernama Hashim Osman, menceritakan keadaan Zamri saat sebelum meninggal dunia. Almarhum sempat menikmati buka puasa bersama, Zamri bahkan meminta izin untuk membawa beberapa makanan untuk anak-anaknya.

Ada keluhan yang sempat dirasakan Zamri yaitu nyeri di dada saat sore hari. Dan ketika sholat tarawih pada rakaat ke-20, Zamri tiba-tiba pingsan lalu ada suara dengkuran yang keras.

“ Jamaah sempat menyelesaikan sholat dan terus mendapati almarhum yang sedang sekarat saat itu dan kami sempat mengajarinya mengucapkan syahadat,” ujar Hashim.

Sementara itu, Kapolsek Baling, Inspektur Shamsudin Mamat, membenarkan kejadian tersebut. Almarhum meninggal dunia sekitar pukul 22.10 waktu setempat. Dengan posisi shaf berada di depan, alias di belakang Imam. Zamri dinyatakan meninggal oleh pihak Klinik Parit Panjang.

Istri Tak Sempat Menyaksikan Kepergiannya

Istri almarhum, Rohani Mohd Noor, yang berusia 51 tahun, mengaku baru mengetahui kabar tersebut dari sang kakak ipar, yang mengatakan Zamri pingsan di masjid.

“ Sekitar jam 10 malam, saudara laki-laki suami saya datang untuk memberi tahu saya bahwa suami saya jatuh dan pingsan saat sholat,” kata Rohani.

Rohani tak langsung memasuki masjid, ia justru membiarkan putranya melihat kondisi sang ayah. Namun malang, ketika anaknya keluar kabar yang didapatkan justru kematian.

" Saya terus membawa putra kedua saya, Nazirol (20) ke masjid dan dia memasuki masjid terlebih dahulu sebelum keluar lagi dengan memberi tahu bahwa ayahnya sudah tiada," lanjut Rohani.

Kepergian Almarhum Tak Disangka Keluarganya

Ibu tujuh anak ini tidak menyangka suaminya akan pergi. Menurutnya, almarhum tidak menunjukkan perubahan apapun kecuali anak-anaknya yang memerhatikan sang ayah agak pendiam belakangan ini.

“ Selama Ramadan, ini pertama kalinya suami saya tergerak untuk berbuka puasa di masjid. Saya tidak menyangka almarhum akan dijemput Ilahi ketika sedang sholat tarawih di masjid,” cerita Rohani.

 Sebelumnya, suami saya mengajak saya sholat tarawih di masjid, tapi saya menolak karena ingin sholat di surau dekat rumah kami,” katanya.

Amalan Sunnah yang Tak Pernah Ditinggalkan

Meninggal dunia di saat sholat merupakan hal yang istimewa. Rohani mengungkapkan amalan yang selama ini banyak dilakukan suaminya.  

Katanya, almarhum selalu bangun malam untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud dan sholat sunnah lainnya, hingga waktu sahur pada bulan Ramadan setiap tahunnya.

“ Suami saya dulu bekerja sebagai sopir truk tetapi tidak lagi bekerja karena khawatir dengan kesehatannya yang pernah dirawat di Rumah Sakit Taiping, Perak, akibat penyakit jantung tiga tahun lalu,” ungkap Rohani.

Rohani mengaku sudah ikhlas akan kepergiaan sang suami. Meskipun hari raya lebaran kali ini ia dan keluarganya tak bisa bersama kembali.

" Anak-anak sudah membeli baju warna senada untuk merayakan Hari Raya, tapi almarhum sudah pergi," katanya.

Sumber: sinarharian.com.my

0 Response to "Baju Lebaran Sudah Dibeli, tapi Ayah 7 Anak Ini Wafat Saat Sholat Tarawih, Sempat Ucap Syahadat di Nafas Terakhirnya"

Posting Komentar